Monday, 25 February 2013

Wanita!


            Entah mengapa (di luar kodrat saya sebagai pria), saya begitu tertarik jika "ngerumpi" soal wanita. Ya inilah, tak bisa dipungkiri, wanita itu makhluk yang fitrahnya menarik. Sedangkan pria? ya pasti jadi pihak yang tertarik, atau bahasa kasarnya "ditarik".. hehehehe
            Wanita memang makhluk terindah yang pernah tercipta di dunia. Ianya diberi kelebihan oleh Allah dari berbagai sudut. Tak bisa dipaksakan, pria dan wanita memang berbeda. Pria maupun wanita mempunyai kelemahannya masing-masing, di saat ujian datang menyapa.
            Semenjak dahulu wanita kerap dianggap rendah, benalu, aib dan objek seks. Bagaimana fakta sejarah membuktikan, kebudayaan Yunani –yang dikatakan peradaban paling tua- memandang wanita begitu rendahnya. Apalagi jika kita temukan gambar-gambar atau patung-patung di dalam bangunan Eropa kuno, gereja-gereja, maupun sinagog-sinagog yang mengeksploitasi wanita dengan sangat ‘mengerikan’ dan vulgar.
            Wanita seolah-olah dijadikan simpanan. Dewa Zeus, dewa paling tinggi dalam mitologi Yunani dikisahkan mempunyai banyak selir atau selingkuhan (kalau Anda penasaran silakan cari di google). Bagaimana dengan para hamba jika dewanya saja sudah mengajarkan untuk selingkuh? Bahkan selingkuhannya merembah ke manusia juga, setelah menikah dengan Dewi Hera, Sang Dewa belum puas, maka selingkuhlah dengan manusia. Jadilah Zeus mempunyai anak ‘manusia setengah dewa’.
            Adapula Dewi Aphrodite (Dewi Kecantikan) yang dinikahkan Zeus kepada saudaranya sendiri; Dewa Hephaestus (Dewa Pandai Besi), yang notabene berwajah buruk. Aphrodite tak terima, karena manalah mungkin Dewi Kecantikan menikah dengan Dewa ‘Buruk Rupa’. Akhirnya Sang Dewi Kecantikan main serong kepada Dewa Ares. Jadi inilah gambaran wanita di Yunani, kalo ga selingkuh, ya diselingkuhin.
            Dalam Kitab Talmud-nya orang Yahudi, tidak beda jauh. Tertera dalam Menahoth 43b-44a:
"Seorang lelaki Yahudi diwajibkan membaca doa berikut setiap hari; 'Terimakasih Tuhan! karena tidak menjadikanku seorang kafir, atau seorang wanita atau budak belian”
            Kesimpulannya, wanita disejajarkan dengan orang kafir ataupun budak. Seharusnya kata-kata yang terlontar dari mulut wanita Yahudi, tidak jauh dari kalimat, “trus gue harus ngapain kalo udah disamain dengan orang kafir?”. Juga apa yang tertuang dalam Talmud Kehuboth 11b:
"Bila lelaki Yahudi yang telah dewasa bersetubuh dengan anak perempuan, maka itu tidak mengapa"
             Beberapa peradaban tak jauh berbeda. Tradisi Sati orang Hindu di India, mengharuskan seorang wanita yang telah menikah, jika suaminya mati dan ia masih hidup, maka ia harus ikut mati bersama suaminya. Maka kesimpulannya, istri tidak boleh ‘lebih’ dari suami.
            Muhammad shollallahu ‘alaihi wa sallam pun datang, membawa kebenaran bernama Islam. Menebar kedamaian, mengajak kepada kebaikan dan mencegah kemungkaran. Saat turun perintah berhijab[1], para wanita mukmin yang mendengar wahyu dari Allah yang disampaikan Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa sallam’ langsung mencari dan menyobek kain di sekitarnya untuk dijadikan hijab. Benarlah, bukan dikungkung, tapi agar mudah dikenali. Bukan dikekang, tapi agar lebih dihormati. Bukan cantiknya tak terlihat, justru cantiknya terpelihara ibarat permata yang dijual di etalase. Tak sembarang orang bisa memegang, tak sembarang orang bisa meminang. Inilah bentuk penghargaan Islam atas wanita, makhluk terindah yang pernah diciptakan Allah azza wa jalla.
            Seharusnya dengan turunnya perintah ini, para wanita bersyukur, bisa bebas kemanapun tanpa khawatir ‘perhiasannya’ dinikmati mata keranjang tak bertanggung jawab. Keindahannya tetap terjaga, kehalusannya tetap utuh, tidak dirusak terik matahari, tidak tercemar debu dan kotoran. Maka beruntunglah bagi kalian yang telah berhijab, surga tinggal beberapa jengkal bagi kalian. Bagi yang belum berhijab, maka berhijablah!


[1] QS. Al-Ahzaab 36:59

3 comments:

  1. kalau dari apa yang tertuang dalam Talmud Kehuboth 11b, seharusnya kata-kata yang terlontar dari mulut wanita Yahudi apa kak??? :D :v

    ReplyDelete

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com