Wednesday, 1 July 2015

Kau Menyiram Ladang yang Salah! (Kritik Terhadap Kaum Homoseks)

Belakangan ini sedang santer kabar tentang komunitas gay di berbagai tempat, khususnya kampus. Kabar tersebut mayoritas muncul di dunia maya. Saya sendiri mendapatkan broadcast-nya via Whatsapp, dengan gambar yang menampilkan akun-akun jejaring sosial komunitas gay di sebuah kampus ternama, dan juga komunitas gay yang berbasiskan etnis. Saya pun cukup tercengang manakala melihat ada akun komunitas gay Tionghoa. Lebih tercengang lagi ketika melihat foto profil twitternya yang bertuliskan “sipit itu unyu”. Sejujurnya itu membuat bulu kuduk saya bergidik, dan sepertinya saya harus sering-sering menggunakan kacamata hitam ketika beraktivitas di luar!

            Masalah homoseksual, bukanlah hal baru di dunia yang fana ini. Puluhan abad yang lalu, sudah ada kaum homoseksual yang eksis selama beberapa waktu. Kaum Nabi Luth yang pastinya juga direkam dalam Al-Qur’an adalah kaum yang tidak menyukai lawan jenisnya. Dengan kata lain, perempuan menyukai sesama perempuan dan laki-laki menyukai sesama laki-laki. “Mengapa kamu mendatangi jenis lelaki di antara manusia, Dan kamu tinggalkan isteri-isteri yang dijadikan oleh Tuhanmu untukmu, bahkan kamu adalah orang-orang yang melampaui batas”.[1] Setelah kaum Nabi Luth ‘alaihissalam musnah dari muka bumi berabad-abad yang lalu, pada saat ini muncul generasi penerus mereka yang secara mati-matian memperjuangkan praktek homoseksual. Aktivis-aktivis LGBT (Lesbian Gay Biseksual dan Transgender) berdiri di barisan terdepan, maka tidak heran jika perkawinan ala homoseksual menjadi perkawinan yang kini populer disahkan di berbagai negara di Barat, salah satunya Belanda. Sayangnya, banyak orang yang mengaku cendekiawan muslim yang mendukung eksistensi dan legalisasi kaum homoseks ini. Dalih mereka, homoseksual adalah hak setiap manusia untuk mencintai dan dicintai. Padahal Rasulullah menegaskan akan perilaku kebablasan ini, “Bunuhlah fa’il dan maf’ul (pelaku)-nya (kedua-duanya)”.[2] Soal bagaimana cara menghukumnya, banyak perbedaan pendapat di kalangan ulama.
            Kaum Nabi Luth sendiri mendapatkan hukuman yang sangat dahsyat. Dikarenakan mereka tidak mengindahkan himbauan Nabi Luth untuk menikah antar lawan jenis, mereka pun diazab oleh Allah. “Maka tatkala datang azab Kami, Kami jadikan negeri kaum Luth itu yang di atas ke bawah (Kami balikkan), dan Kami hujani mereka dengan batu dari tanah yang terbakar dengan bertubi-tubi, yang diberi tanda oleh Tuhanmu, dan siksaan itu tiadalah jauh dari orang-orang yang zalim.”[3] Ibnu Katsir menerangkan, bahwa ketika itu tanah yang dipijak oleh Kaum Luth, diangkat setinggi-tingginya hingga malaikat-malaikat di langit dapat mendengarkan suara lolongan anjing dan kokok ayam mereka. Setelah itu dihempaskan dan diputarbalikkan tanah tersebut kembali ke bumi. Tak hanya sampai di situ, setiap individu dari kaum tersebut, dilempari batu berselimut api. Setiap batu bertuliskan nama masing-masing orang dan tertuju pada orang yang namanya tertera di batu tersebut. Begitu dahsyatnya azab Allah bagi kaum homoseksual. Menandakan bahwa perilaku liwath adalah hal yang sangat hina lagi melampaui batas.
            Allah subhanahu wa ta’ala Menciptakan segala sesuatu secara berpasang-pasangan. “Kamu sekali-sekali tidak akan melihat ciptaan Tuhan Yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang.”[4] Pun manusia diciptakan oleh Allah secara berpasang-pasangan dengan tujuan mendapatkan ketentraman dalam membangun sebuah rumah tangga. “Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia Menciptakan untukmu istri-istri dari jenismua sendiri (manusia), supaya kamu cenderung merasa tentram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir.”[5] Kalimat “Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir” dapat digarisbawahi sebagai kalimat penghantam aktivis pendukung homoseksual terutama dari kalangan muslim. Bahwa terciptanya manusia secara berpasang-pasangan adalah sebuah karunia terindah yang hanya dapat dimaknai oleh orang-orang yang berpikir. Dengan kata lain, kaum homoseksual itu tidak menggunakan pikirannya untuk memaknai karunia dari Allah.
            Al-Qur’an, dengan segala keindahan gaya bahasanya, sering mengungkapkan keindahan-keindahan hubungan laki-laki dan perempuan dengan berbagai diksi yang menarik. “Isteri-isterimu adalah (seperti) ladang tempat kamu bercocok-tanam, maka datangilah ladang bercocok-tanammu itu dengan bagaimana saja kamu kehendaki. Dan kerjakanlah (amal yang baik) untuk dirimu, dan bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa kamu kelak akan menemui-Nya. Dan berilah kabar gembira orang-orang yang beriman.[6] Dalam ayat ini, Al-Qur’an menyebutkan kata “ladang”. Rahim seorang istri memang tempat menumbuhkembangkan benih yang ditanam oleh suami berupa sperma. Embrio tersebut terus tumbuh menjadi janin, hingga dilahirkan ke dunia menjadi manusia seutuhnya. Tentunya, hal ini lagi-lagi hanya dapat dimaknai oleh kaum yang berpikir, bukan sekadar mengedepankan hawa nafsu mereka. Bagi mereka yang berpasangan sesama lelaki, tentulah mereka sedang mengairi ladang yang salah! Ketika ladang yang diairi keliru, bagaimana kita akan mendapatkan keuntungan dalam bercocok tanam? Bayangkan saja, apabila di dunia ini semua menuruti hawa nafsu mereka, yakni menyetujui hubungan homoseksual, maka adakah pertumbuhan manusia dan pergantian generasi di dunia ini? Maka membiarkan munculnya perilaku biadab ini, sama saja membiarkan manusia punah pelan-pelan!
            Selain itu, Al-Qur’an juga menyebutkan diksi yang lain, “Mereka adalah pakaian bagimu, dan kamu adalah pakaian bagi mereka”.[7] Konsep pakaian dalam Islam, bukan hanya semata-mata mode, melainkan memenuhi unsur-unsur kehidupan. Pakaian berguna sebagai penutup aurat agar dikenali dan dihormati, dan pakaian berguna sebagai perhiasan. Maka makna dari “pakaian” dalam ayat ini adalah; pertama, Seorang istri harus mampu menjaga kehormatan suaminya, menutupi aibnya, merahasiakan kelemahannya agar dihormati oleh orang lain. Cukuplah ia yang mengetahui kekurangan apa pun yang ada pada diri suaminya. Begitupun seorang suami terhadap istrinya. Mengapa harus demikian? Sebuah peribahasa bertutur “Bagai menepuk air di dulang, menciprat ke wajah pula”. Menjelek-jelekkan suami atau istri di hadapan orang lain, akibatnya akan mengenai diri sendiri pula. Ia sendiri yang akan merasakan malunya. Menghinakan suami atau istri di hadapan orang lain, maka diri sendirilah yang akan dipandang sebelah mata (hina) di hadapan orang-orang itu.
            Kedua, seorang istri harus menjadi pelengkap untuk suaminya, menjadikannya tampak memesona, indah, sempurna. Begitupun seorang suami harus menjadi pelengkap untuk istrinya, agar menjadikannya tampak memesona, indah, sempurna. Istri harus tampak menawan di mata suaminya. Suami harus menawan bagi istrinya. Kehidupan suami-istri harus menjadi pemandangan indah buat orang-orang sekitarnya, mampu menjadi motivasi untuk membangun keluarga sakinah yang penuh mawaddah dan rahmah. Dan ketiga, Seorang suami harus menjadi benteng untuk istrinya, sebesar apa pun ancaman yang datang dari luar yang akan membahayakan istrinya, maka suami harus menjadi pelindungnya. Tidak boleh ada seorang pun yang mengganggu istrinya. Begitupun seorang istri harus menjadi benteng buat suaminya. Jangan sampai suaminya terserang penyakit manusiawi yang menggerogoti kehidupannya. Sumai dan istri harus saling menjaga, baik lahir maupun batin. Begitulah kurang lebih makna pakaian yang dituliskan oleh Al-Qur’an, sebagaimana lazimnya pakaian yang menutupi aurat kita, memberikan rasa nyaman ketika beraktivitas, dan juga sebagai perhiasan bagi kita.
            Mungkinkah hal-hal tersebut akan terlaksana dengan baik manakala suami-istri adalah sesama lelaki atau sesama perempuan? Siapa yang bertindak sebagai pemimpin? Siapa pula yang bertindak sebagai ladang dan pengairnya? Laki-laki dan perempuan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dengan kelebihan dan kekurangan itulah mereka dapat saling melengkapi, dan bahu membahu menggapai kesuksesan dunia-akhirat. Namun, hal ini hanya dapat diresapi keindahan maknanya oleh orang-orang yang berpikir. Maka janganlah mengedepankan kenikmatan tanpa menggunakan logika. Dan janganlah kau menyiram ladang yang salah!




[1] Asy-Syu’ara (26): 165-166
[2] HR. Abu Dawud dan Tirmidzi
[3] Hud (11): 82-83
[4] Al-Mulk (67): 3
[5] Ar-Ruum (30): 21
[6] Al-Baqarah (2): 223
[7] Al-Baqarah (2): 187

9 comments:

  1. Awalnya aku hanya mencoba2 bertogel akibat adanya hutang yang sangat banyak dan akhirnya aku mencari jalan pintas meskipun itu dilarang agama ,apa boleh buat nasi sudah jadi bubur,dan akhirnya aku menemukan seorang dukun.yang ternyata alhamdulillah dengan seisin gusti Allah dengan lantaran OM AGUS aku dapat mengubah hidup yang jauh lebih baik berkat bantuan OM AGUS dgn waktu yang singkat aku sudah membuktikan namanya keajaiban satu hari bisa merubah hidup ,sawdara bisa membuktikan sendiri silahkan hubungi OM AGUS di no (085397766615) yg penting anda yakin dan percaya dan jgn samakan dgn peramal yg lainnya seperti ki ronggeng,mba sugem ki nugroho mba jombrang dll.saya sdh berkali2 menghubungi peramal yg lainnya seperti aki2 dan mba2.tapi cuma mengecewakan saya dan menipu saya.tapi kali ini saya sudah betul2 percaya bahwa peramal asli itu memang betul memang ada yaitu OM AGUS.insya allah OM AGUS tdk mengecewakan anda.terima kasih yg punya ROOM

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamualaikum.wr.wb. banyak yg inbox menanyakan bagaimana caranya. caranya anda langsung tlp biar jelas. ada yg bilang tlp tdk di angkat,maklum. mungkin pas lagi ada tamu atau lagi ritual, dan anda bisa hubungi kami kembali beberapa saat lagi. masih ada yg tanya testimoni,dan masih ada sebagian yg meragukan keaslian UB dari kami,bagi anda yg yg masih ragu. abaikan saja.atau anda bisa langsung datang dan buktikan di tempat kami. alamat.JL.poris indah. no.10A.cipondoh indah - tangerang - BANTEN. Tlp. 0852 1343 3456 atau KLIK http://pesugihanputih45.blogspot.co.id/ ___________________________ PEMBERITAHUAN. bagi anda yg mau memesan Uang Balik (UB)Kami sarankan silahkan pesan secepatnya.masih ada kesempatan. karna biasanya satu minggu sebelum hari raya kami sudah tidak menerima pemesanan. terimakasih. wassalamualaikum.wr.wb

      Delete
    2. JIKA ANDA BUTUH ANKA GHAIB HASIL RITUAL 2D.3D.4D. SGP & HK DI JAMIN 100% JEBOL JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB KI AGEN RUSMAN DI NMOR (_0_8_2_3_3_4_2_2_2_6_7_6_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB then’z room’x sobat





      JIKA ANDA BUTUH ANKA GHAIB HASIL RITUAL 2D.3D.4D. SGP & HK DI JAMIN 100% JEBOL JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB KI AGEN RUSMAN DI NMOR (_0_8_2_3_3_4_2_2_2_6_7_6_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB then’z room’x sobat




      JIKA ANDA BUTUH ANKA GHAIB HASIL RITUAL 2D.3D.4D. SGP & HK DI JAMIN 100% JEBOL JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB KI AGEN RUSMAN DI NMOR (_0_8_2_3_3_4_2_2_2_6_7_6_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB then’z room’x sobat





      JIKA ANDA BUTUH ANKA GHAIB HASIL RITUAL 2D.3D.4D. SGP & HK DI JAMIN 100% JEBOL JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB KI AGEN RUSMAN DI NMOR (_0_8_2_3_3_4_2_2_2_6_7_6_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB then’z room’x sobat

      Delete
    3. kami sekeluarga tak lupa mengucapkan puji syukur kepada ALLAH S,W,T
      dan terima kasih banyak kepada AKI atas nomor togel.nya yang AKI
      berikan 4 angka 2517 alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI.
      dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
      ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu AKI. insya
      allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
      kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKI..
      sekali lagi makasih banyak ya AKI bagi saudara yang suka main togel
      yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi AKI SOLEH,,di no CLL (((082-313-336-747)))
      insya allah anda bisa seperti Saya menang togel 689
      juta, wassalam.


      dijamin 100% jebol saya sudah buktikan...sendiri....


      Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini !!!!

      1"Dikejar-kejar hutang

      2"Selaluh kalah dalam bermain togel

      3"Barang berharga anda udah habis terjual Buat judi togel

      4"Anda udah kemana-mana tapi tidak menghasilkan solusi yg tepat

      5"Udah banyak Dukun togel yang kamu tempati minta angka jitunya
      tapi tidak ada satupun yang berhasil..


      Solusi yang tepat jangan anda putus asah....AKI SOLEH akan membantu
      anda semua dengan Angka ritwal/GHOIB:
      butuh angka togel 2D 3D 4D SGP / HKG / MALAYSIA / TOTO MAGNUM / dijamin
      100% jebol
      Apabila ada waktu
      silahkan Hub: AKI SOLEH DI NO: CLL (((082-313-336-747)))


      KLIK DISINI >>> BOCORAN TOGEL HARI INI <<<


      angka GHOIB: singapur 2D/3D/4D/

      angka GHOIB: hongkong 2D/3D/4D/

      angka GHOIB; malaysia

      angka GHOIB; toto magnum 4D/5D/6D/


      angka GHOIB; laos






      Delete
  2. Saya Ibu Salma TKI SAUDI ARABIA Mengucapkan banyak-banyak trimakasih atas bantuan angkanya sama saya karna saya menang sebanyak Rp 300 Juta dalam bentuk uang indonesia jadi siapa tau anda mau menang juga sama seperti saya silahkan hubungi KI COKRO WINOTO di 0852-0518-9931 atau KLIK DI SINI Trimakasih.

    ReplyDelete
  3. IBU DITA .(Karyawan) terimah kasih banyak Aki atas bantuanya angka ghoib AKI RANGGONG benar-benar tembus mohon maaf AKI ini pengalaman saya...waktu itu saya pernah minta bantuan pada seseorang yang mengaku pintar meramal angka toto...dan saya harus belajar untuk mendapatkan angkanya sampai saya hutang sana sini tapi apa yang terjadi angka yang saya terimah ngak ada yang keluar manpus dalam hati kecil saya....dimana saya harus bayar hutan yang terlanjur menumpuk...hingga akhirnya saya di kasih inpo teman untuk menjadi member AKI RANGGONG hasil angka ritual ghoib yang di kasih AKI kirim ternyata jitu...akhirnya terbayar hutang saya ini dan saya Membeli 8 unit rumah di Karawang, Tanah Kavling, dan franchise minimarket .hanya sekedar pengalam saya...untuk yang mau mencoba angka ghoib dari AKI RANGGONG silahkan hub/sms di nomor ( 085-222-967-279 ) ngak usah ragu-ragu...karna saya sudah merasakanya..terimah kasih AKI RANGGONG..salam bahagia...!!!








    IBU DITA .(Karyawan) terimah kasih banyak Aki atas bantuanya angka ghoib AKI RANGGONG benar-benar tembus mohon maaf AKI ini pengalaman saya...waktu itu saya pernah minta bantuan pada seseorang yang mengaku pintar meramal angka toto...dan saya harus belajar untuk mendapatkan angkanya sampai saya hutang sana sini tapi apa yang terjadi angka yang saya terimah ngak ada yang keluar manpus dalam hati kecil saya....dimana saya harus bayar hutan yang terlanjur menumpuk...hingga akhirnya saya di kasih inpo teman untuk menjadi member AKI RANGGONG hasil angka ritual ghoib yang di kasih AKI kirim ternyata jitu...akhirnya terbayar hutang saya ini dan saya Membeli 8 unit rumah di Karawang, Tanah Kavling, dan franchise minimarket .hanya sekedar pengalam saya...untuk yang mau mencoba angka ghoib dari AKI RANGGONG silahkan hub/sms di nomor ( 085-222-967-279 ) ngak usah ragu-ragu...karna saya sudah merasakanya..terimah kasih AKI RANGGONG..salam bahagia...!!!



    ReplyDelete
  4. ASSALAMU ALAIKUM WR,WB..
    PERKENALKAN NAMA SAYA SARI SEORANG PENJUAL KETOPRAK KELILING,INGIN BERBAGI CERITA KEPADA SAUDARA,JIKA ANDA INGIN MERUBAH NASIB ANDA DENGAN CARA MAIN TOGEL ASALKAN YAKIN DAN PERCAYA DENGAN ANGKA YANG BELIAU BERIKAN INSYA ALLAH PASTI ANDA JAUH DARI UTANG ,MENGAPA SAYA MANGATAKAN DEMIKIAN KARENA ANGKA YANG MAU DI BUAT PASANG TOGEL BELIAU BERIKAN NANTINYA SUDAH BELIAU MASUKKAN MAHLUK GHOIB/ JINN YANG BELIAU SEMBAH SEBELUM MENDAPAT ANGKA BOCORAN TOGEL SGP / HKG/ MALAYSIA.MAKA DARI ITU JANGAN REMEHKAN ANGKA BELIAU KARNA TIDAK SEMUDAH YANG ANDA FIKIRKAN DENGAN APA YANG TERJADI DENGAN SAYA.SEBELUM BERGABUNG ANDA FIKIR BAIK-BAIK KARNA SAMA SEKALI TIDAK ADA UNSUR PAKSAAN ATAU RAYUAN,JIKA ANDA BUTUH ANGKA GHOIB/RITUAL 2D- 3D -4D- 5D UNTUK TOGEL SGP/HKG/ MALAYSIA.DI JAMIN JEBOL SELAMA 5 KALI PUTARAN MONGGOO HUBUNGI AKI KAYANA SAKTI DI NMR 082-336-642-456 INSYA ALLAH BELIAU MENGELUARKAN ANGKA GHOIB YANG BENAR-BENAR PAS DAN AKURAT BUKTINYA MALAM SAYA MENANG DENGAN ANGKA YAITU 4D 9693 DAN ALHAMDULILLAH SAYA DAPAT HASIL Rp 175 JUTA,,,TERIMA KASIH AKI ATAS BANTUANMU SAYA SUDAH MELUNASI UTANG SAYA DIBANK 17 JUTA RUPIAH WAKTU SAYA PAKAI MODAL USAHA UNTUK JUAL KETOPRAK.DAN ALHAMDULILLAH DAN SAYA JUGA BUKA KIOS DIDEPAN RUMAH. SERTA SUDAH BELI TANAH SATU KAPLING SEHARGA 75JUTA. SEKALI LAGI TERIMA KASIH AKI. INGATLAH TEMAN2 KESEMPATAN TIDAK DATANG 2 KALI ,BURUAAAN SEKALI ADA KESEMPATAN TEMAN

    ReplyDelete
  5. Sekian lama saya bermain togel baru kali ini saya
    benar-benar merasakan yang namanya kemenangan 4D
    dan alhamdulillah saya dapat Rp.630.000.000.00 juta dan semua ini
    berkat bantuan angka dari AKI MANGKUBONO
    karena cuma beliaulah yang memberikan angka
    ghoibnya yang di jamin 100% tembus awal saya
    bergabung hanya memasang 200 ribu karna
    saya gak terlalu percaya ternyatah benar-benar
    tembus dan kini saya gak ragu-ragu lagi untuk memasang
    angkanya karna 2X berturut-turut saya menang
    buat anda yang butuh angka 2d 3d 4d dijamin tembus
    hubungi di nomor hp: 085203333887 AKI MANGKUBONO
    saya jamin beliau akan membantu kesusahan
    anda apalagi kalau anda terlilit hutang trima kasih
    https://tanparumusan.blogspot.co.id/


    INGIN MERASAKAN KEMENANGAN DI DALAM BERMAIN TOGEL JAMIN 100% TLP AKI MANGKUBUNO NMR (_0_8_5_2_0_3_3_3_3_8_8_7) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB KAMI SUDAH TERBUKTI

    ReplyDelete
  6. Assalamualaikum.Wr.Wb.
    Saya Ibu herlina ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKI di MALAYSIA. jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga dikampun,jadi TKI itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk buka internet dan tidak disengaja saya melihat komentar orang tentang.(KYAI ABDUL ADJIB).dan katanya nomor yg di berikan oleh (KYAI ABDUL ADJIB) bener-bener tembus 100% dan kebetulan juga saya sering pasan nomor:akhirnya saya coba untuk menghubungi. (KYAI ABDUL ADJIB) dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor GHOIB, dan nomor GHOIB yg diberikan (KYAI ABDUL ADJIB).ALHAMDULILLAH itu bener-bener terbukti tembus 100% yaitu:SINGAPORE 8697 dan saya sangat bersyukur kpd ALLAH S.W.T berkat bantuan AKI. kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk berkumpul dengan keluarga dan bisa juga buka usaha sendiri.mungkin saya tidak bisa membalas budi baik.( KYAI ABDUL ADJIB) Saya IBU HERLINA bersama dengan keluarga besar, hanya bisa membalas dengan do'a semoga kebaikan (KYAI ABDUL ADJIB) di bls oleh ALLAH S.W.T Aminnnnnn dan bagi teman" atau pung sahabat" saya yg menjadi TKI/TKW seperti saya,bila ada yg butuh bantuan hubungi saja langsung.Beliau (KYAI ABDUL ADJIB) DI NOMOR HP: {_+6285280167479_} insya ALLAH beliau akan membantu anda dengan tulus.
    Ini benar-benar KISAH NYATA dari saya seorang TKI MALAYSIA
    SEMOGA BERMAMFA'AT BUAT KALIAN SMUA NYA DAN JANGAN PERNAH RAGU ATAU JANGAN PERNAH TAKUT,UNTUK MENGHUBUNGi KYAI ABDUL ADJIB di nomor HP {_+6285280167479_}
    Angka GHOIB:SINGAPURA
    Angka GHOIB:HONGKONG
    Angka GHOIB:MALAYSIA
    Angka GHOIB:TOTO MAGNUM
    Angka GHOIB:LAOS
    Angka GHOIB:SIDNEY
    Angka GHOIB:CAMBODIA
    Angka GHOIB:CHINA
    Angka GHOIB:KOREA
    Angka GHOIB:TOTO KUDA
    Angka GHOIB:ARAB SAUDI
    Angka GHOIB:BRUNEI DARUSSALAM
    Angka GHOIB:TAIWAN
    Angka GHOIB:JEPANG
    Angka GHOIB:THAILAND
    Angka GHOIB:THAI LOTTO
    Angka GHOIB:THAI LOTTERY
    Angka GHOIB:TOKYO
    Angka GHOIB:MACAU
    TERIMAKASI

    ReplyDelete

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com