Friday, 23 October 2015

Cicil Hingga Berhasil

Cicil. Kata ini sesungguhnya bukan hanya berlaku dalam lingkup pembayaran atau pelunasan utang. Cicil, adalah kata yang seharusnya menghibur usaha seseorang. Misalnya saja seorang mahasiswa semester akhir yang sedang menggarap skripsi, mereka tidak bisa menyelesaikannya dalam sekejap. Pekerjaan mereka dalam menyelesaikan skripsi, pastilah dicicil. Skripsinya dicicil hingga berhasil.

            Saya ingin menyajikan tulisan tentang cicilan Allah kepada Rasul-Nya dan umat Islam keseluruhan. Allah mengutus Nabi dan Rasul ke dunia dalam kurun waktu yang sangat lama. Hitung saja berapa banyak zaman nabi. Mulai Nabi Adam alaihissalam hingga Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam. Allah memberikan zaman yang berbeda-beda kepada umat manusia. Dengan tabiat manusia yang berbeda pula, Allah turunkan kepada mereka nabi dan rasul yang menyebarkan risalah kebenaran kepada manusia pada zamannya. Allah Mencicilnya hingga diutusnya nabi dan rasul terakhir, yakni Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam. Nabi ini istimewa, karena tugasnya adalah memperbaiki akhlak manusia agar terjaga hingga hari kiamat. Jadilah Nabi Muhammad sebagai Nabi Akhir Zaman. Mengapa tidak dari Nabi Adam saja yang dijadikan sebagai nabi awal sekaligus nabi akhir zaman? Itulah makna dari mencicil. Pekerjaan yang baik bukanlah pekerjaan yang diselesaikan dalam waktu singkat, tetapi pekerjaan yang dapat terselesaikan dengan baik dan tepat pada waktunya.
            Ketika Allah menurunkan wahyu dan perintah kepada Rasulullah pun tidak serta-merta diberikan keseluruhan. Orang kafir mengejek Allah dan Rasul. Ejekan mereka berkaitan dengan Al-Qur’an yang turun setengah-setengah, tidak sekaligus. Ejekan ini pun langsung dijawab oleh Allah: “Demikianlah, agar Kami memperteguh hatimu (Muhammad) dengannya dan Kami Membacakannya secara tartil (berangsur-angsur, perlahan dan benar).”[1] Begitulah turunnya Al-Qur’an Allah cicil agar penyampaian yang dilakukan Rasul sempurna dan memudahkan siapapun yang akan menjalankan perintah Allah. Sebagaimana juga syariat Islam yang juga dicicil penetapannya. Salah satunya masalah pengharaman khamr. Khamr tidak begitu saja langsung diharamkan, tetapi juga ada fase-fasenya. Sehingga sahabat-sahabat Rasul yang gandrung minum khamr mudah meninggalkan kebiasaan minum khamr dengan perlahan.
            Kita seringkali khawatir dengan pekerjaan kita yang tak kunjung selesai. Kita seringkali enggan membaca buku yang sarat ilmu hanya karena halamannya yang sangat tebal. Kita seringkali ingin menulis buku, tetapi tidak sabar dalam menyelesaikannya, sehingga ada beberapa materi yang terlupa untuk ditulis. Begitu pula kita sering tidak sabar dalam belajar, sehingga kita menjadi malas dan lebih memilih pekerjaan yang menjanjikan materi. Sungguh kita harus belajar tentang cicil. Pekerjaan yang banyak harus kita cicil, buku yang tebal harus kita cicil membacanya, menulis juga harus kita cicil sehingga nantinya layak diterbitkan menjadi buku, dan belajar pun harus cicil agar nantinya kita berhasil. Cicil-mencicil yang akan mengajarkan kita kesabaran. Ketika kita sabar menyicil, di kemudian hari kita akan puas menuai hasilnya. Dan lebih daripada hasil tersebut adalah kesabaran yang tanpa sadar dapat tertanam dalam diri kita. Karena Allah pun meneguhkan hati Rasulullah dan para sahabatnya dengan cicilan; cicilan wahyu, cicilan perintah, cicilan larangan, dan cicilan syariat.
            Mulai sekarang, jangan menganggap remeh urusan cicil-menyicil. Kerja-kerja untuk memajukan peradaban ini juga harus dicicil. Cicil-lah dengan memulainya dari diri sendiri. Pekerjaan yang baik bukanlah pekerjaan yang diselesaikan dalam waktu singkat, tetapi pekerjaan yang dapat terselesaikan dengan baik dan tepat pada waktunya. Mulailah menyicil perlahan-lahan hingga berhasil.




[1] Al-Furqan (25): 32.

2 comments:

  1. Nyicil skripsi :D

    Mohon do'anya, minggu depn ujian seminar proposal
    Biar lekas slesai, lekas cpat pula di kembaliin nya hehe

    ReplyDelete

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com